Rabu, 18 November 2015

Driver Demo Tak Di Gubris Management

"Realease Pers "
Pendidik ( Pejuang Pendidikan )

Kepada Yth, saudara2 qu Driver Gojek se jabodetabek, Bandung, Surabaya, Bali, Makasar dll yang kami Cintai.

Mohon maaf hr ini saya baru bisa broadcast wa, berhubung kesibukan lain & sibuk berkomunikasi lewat wa, sms & telp pasca demo hr senin, 16/11/2015 dng ribuan sahabat driver sejabodetabek, Bandung, Surabaya, Bali & Makasar, mereka menanyakan perkembangan perjuangan PENDIDIK dalam bernegosiasi dng PT. Gojek utk mengembalikan tarif 4000/km yg sebelumnya turun menjadi 3000/km serta meminta Gojek menghentikan potongan uang cicilan Hp, bagi yg sudah melunasinya & meminta mereka tidak diskriminasi potongan jaket, hp & helm bagi driver junior ( yg baru masuk ).

Adapun hasil rapat & notulensi tersebut bisa dilihat seperti yg ada pada gambar di atas.

Intinya semua permintaan qt tidak di terima PT. Gojek dng alasan klasik bahwa qt sebagai mitra & mereka belum bisa menuruti permintaan qt krn kondisi perusahaan.

Ketika negosiasi itu tidak ada titik temu, saya langsung menyerahkan jacket Gojek yg saya kenakan kepada Manajer Operasional Gojek sebagai simbol PERJUANGAN BARU DI MULAI dan bukan PERJUANGAN BARU DI AKHIRI.

Manajer Operasional mananyakan ke saya bahwa " anda mengundurkan diri ? Saya jawab tidak ! Saya bukan resign & Saya PRIBADi akan mogok dng memberikan surat resmi ke kantor, yg mogoknya di mulai senin, 16/11/2015 & sampai kasus hukum perburuhan saya & driver Gojek se Indonesia baik perdata & pidana selesai di meja hijau.

Akhirnya perwakilan PT Gojek td, meminta saya untuk mendatangi kantor pada selasa 17/11/2015, rencananya mereka mengembalikan jaminan & perincian potongan hp saya dll.

Akhirnya selasa ketika saya menemui Manajer Operasional, beliau mau menyerahkan jaminan, perjanjian dll kepada saya sekaligus meminta agar atribut saya di balikin ke PT. Gojek.

Saya meminta mereka memberikan surat pernyataan resmi di PHK dr kantor, tanda terima serah terima atribut dll maka saya akan mengembalikan atribut saya.

Hr ini di jadwalkan serah terima atribut saya ke PT. Gojek di lakukan.

Untuk itu saya menghimbau kepada para saudara2 qu sesama PEJUANG Driver Gojek bahwa demo/aksi hr ini & jumat ini di geser ke hari senin, 23/11/2015 di PT. Gojek Kemang Selatan ( agenda demo berdoa di depan kantor ayahanda Nadiem Makarim, agar beliau di berikan rahmat untuk merubah nasib & kesejahteraan pekerja driver Gojek se Indonesia, bila perlu memberikan pekerjanya/ driv er UMR, insentif lainya & menghapus sistem mitra yang merugikan pihak pekerja driver gojek ).

Demo di lanjutkan hr senin ke Komnas HAM di Jalan Latuharhary Menteng untuk MENGADUKAN PT. Gojek MELAKUKAN Pelanggaran HAM pasal 1 ayat 3 ttng Diskriminasi massal kepada drivernya krn tdk melaksanakan amanat UUD 1945 yaitu, Negara menjamin PEKERJAAN DAN KEHIDUPAN YANG LAYAK bagi warga negaranya.

Di samping itu Gojek juga melanggar UU 13 tahun 2003 ttng  Ketenagakerjaan

Artinya pekerja driver tdk di berikan UMR ( upah minimum regional ) & di diskriminasi atau di perlakukan TIDAK SAMA dng buruh, pekerja, karyawan lainya yg bekerja di PT. Gojek & pekerja di perusahaan lainya yang ada di Indonesia.

Pasal 1 ayat 3 yang menyatakan bahwa  buruh atau pekerja adalah setiap orang yang bekerja dengan menerima upah atau imbalan dalam bentuk lain. Seharusnya ketika upah/gaji tidak di berikan maka PT. Gojek harusnya melaporkan atau memberikan laporan PENANGGUHAN pembayaran upah ( UMR ) kepada Sudinakertrans Jakarta Selatan atau kepada Depnakertrans.

Selain itu saya berharap dr seluruh saudara2 qu driver Gojek se Jabodetabek, Bandung, Surabaya & Bali, Makasar dll, untuk bisa mengendalikan diri, sabar, konsisten dlm berjuang serta TIDAK MUDAH PERCAYA dng ISU APAPUN & INTIMIDASI dari PIHAK2 yang TIDAK BERTANGGUNG JAWAB.

Ilmu lebih baik daripada harta, harta akan qt jaga sementara ilmu akan menjaga kita...( Ali Bin Abi Thalib )

Kalau qt berilmu maka insyaALLAH ilmu akan menjaga qt dari Kebodohan, penipuan dll, sementara kalau qt tidak menjaga harta maka harta akan di curi orang kapanpun bisa. Ilmu akan abadi sampai di bawa mati sementara harta tdk dapat di bawa mati.

Rekomendasi buku pegangan buat Pekerja driver Gojek Indonesia :
UU 13 tahun 2003 ttng Ketenagakerjaan, UU no 2 thn 2002 ttng PHI ( Penyelesaian Hubungan Industrial ) & UU 21 thn 2000 ttng Serikat Pekerja

Demikianlah himbauan & renungan siang ini untuk seluruh PEKERJA Gojek se Indonesia

Wasalam...TETAP SEMANGAT & SALAM SOLIDARITAS.

Fitrijansjah Toisutta

Koordinator PENDIDIK ( Pejuang Pendidikan )

Ini no lama saya : 0813 2008 2171

Kemungkinan no simpati Gojek saya tdk di pakai lg pd sore ini...

Mohon di share ya saudara qu ke saudara2 kita di Group yang lain.

Nb ; add saya ya di FB kalian atas nama Fitrijansjah Toisutta.

TERIMA KASIH

0 komentar:

Posting Komentar